Minggu, 06 Januari 2013

Manfaat Donor Darah

MANFAAT DONOR DARAH
kebanyakan diantara kita menanggap bahwa donor darah adalah kegiatan yang negatif, kebanyakan dari mereka mengira bahwa donor darah akan merugikan diri kita, merugikan kesehatan. Salah bila ada orang yang berfikir seperti itu, karena justru dengan kita melakukan donor darah maka kita akan bertambah sehat, selain itu kita akan mendapat kepuasan tersendiri karena kita telah menyelamatkan orang lain. berikut adalah beberapa manfaat donor darah :







1. Menjaga kesehatan jantung

Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan produksi sel darah merah
Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru.

3. Membantu penurunan berat tubuh
Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650 kalori. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping.

4. Mendapatkan kesehatan psikologis
Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.

5. Meningkatkan rasa Solidaritas terhadap sesama
Dengan kita mendonorkan darah kita kepada orang membutuhkan, maka kita sudah membantu orang   yang membutuhkan darah untuk kehidupannya. Secara tidak langsung kita telah menyelamatkan orang lain. Hal ini menumbuhkan rasa solidaritas kita secara tidak langsung.

6. Memperoleh Pemeriksaan Kesehatan Secara Gratis
Ketika kita melakukan donor darah, kita akan di cek terlebih dahulu kesehatan kita. Jadi kita dapat cek kesehatan gratis saat donor darah, padahal cek kesehatan itu lumayan mahal loch......

Nah....... Sekarang saatnya kita untuk merubah kebiasaan takut akan donor darah. Kapan lagi kita bisa membantu sesama, kalau sekarang bisa, kenapa harus hari esok.


2 komentar:

Reno Akbar Saputra mengatakan...

bagus banget infonya :D
makasih banyak

silahkan ikuti balik blog saya
renoxtremez.blogspot.com

pamerapal mengatakan...

makasih sudah mampir dan bergabung dengan blog pmr perkapalan, semoga apa yang kami berikan bermanfaat.
sudah kami ikuti blog anda