Minggu, 13 Januari 2013

Usia Donor Darah

USIA DONOR DARAH DI ATAS 17 TAHUN DAN DI BAWAH 60 TAHUN
Kalimat dan pernyataan seperti ini sering kita jumpai. Namun kita kadang tidak ingin mencari tahu mengapa usia seorang pendonor ditentukan seperti di atas. Ketika kita mengadakan Acara Donor Darah maka terkadang muncul pertanyaan ini.


MENGAPA USIA SEORANG PENDONOR HARUS DIANTARA 17-60 TAHUN?

Nach.... begitu ada pertanyaan ini, kita bingung harus menjawab apa?
Dari pertanyaan ini, kita mulai mencari tahu mengapa usia pendonor ditentukan seperti yang ditentukan di atas.


Jadi, usia di bawah 17 tahun bukan tidak dibolehkan mendonorkan darahnya melainkan dianjurkan untuk tidak mendonorkan darahnya karena anak di bawah usia 17 tahun dalam masa pertumbuhan, dimana darah mereka sangat menunjang proses pertumbuhan mereka. Jika mereka memaksakan untuk mendonorkan darahnya, maka akan mengganggu proses pertumbuhan mereka. Jadi lebih baik tidak mendonorkan darahnya daripada hanya akan menambah jumlah orang yang sakit, bukannya kita mendonorkan darah kita untuk membantu orang yang sakit? bukan untuk membuat diri kita sakit. heheheheheheheh.....................
Sedangkan usia di atas 60 tahun juga bukan tidak diperbolehkan mendonorkan darahnya melainkan dianjurkan untuk tidak mendonorkan darahnya karena darah yang dimiliki orang yang berusia lebih dari 60 tahun bila dimasukkan dalam kantong darah, sel darah merah yang berada pada kantong darah dengan sendirinya akan mati sebelum masa expired. Jadi lebih baik tidak mendonorkan darahnya sebab hal yang dilakukan pasti akan sia-sia.

Cukup sekian info yang bisa kami berikan, semoga apa yang kami infokan bermanfaat.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

apa benar orang yang kena asam urat bisa sembuh karena keseringan donor darah...?